Saturday, October 25, 2014
   
Text Size

Article

Kegiatan yang Benar di Laboratorium

  • Melaksanakan pengecekan peralatan

Laboratorium dalam melaksanakan kegiatannya, harus melakukan pemantauan kondisi laboratorium, diantaranyamelaku-kan pengecekan alat gelas dan instrumen. Pengecekan alat gelas dan instrumen dilakukan dengan cara memeriksa secara periodik alat gelas dan instrumen selalu dalam keadaan bersih setelah digunakan, bila ada kerusakan alat gelas dan instrumen maka diperbaiki atau tidak digunakan lagi.

  • Pengecekan sampeluji

Sampel yang ada atau diterima suatu laboratorium, harus disiapkan untuk selanjutnya sampel tersebut diuji menggunakan prosedur yang tersedia. Preprasi sampel untuk uji di laboratorium dilakukan berdasarkan uraian yang ada dalam Bab I.

  • Memelihara kesehatan laboratorium

Setiap orang yang bekerja di laboratorium harus menggunakan baju/jas laboratorium dan pelindung yang lain seperti kaca mata untuk bekerja di laboratorium.

Menyiapkan Laboratorium untuk Analisis Rutin

  • Membersihkan wilayah kerja

Ruangan laboratorium dibersihkan setiap selesai digunakan yaitu lantai dan meja laboratorium. Bila ada tumpahan dibersihkan dan dibuang dengan menggunakan pelindung untuk tangan dan muka.

  • Membersihkan timbangan dan ruang timbang

Timbangan harus ditempatkan di ruang khusus yang tertutup sehingga tidak bercampur dengan alat yang lain. Secara teratur setiap kali selesai menimbang maka timbangan dan piringan timbangan harus bersih dari debu dan tumbahan bahan kimia. Pembersihantimbanganmenggunakan alat kuas/sikat yang halus.

Menyimpan Bahan Kimia dan Larutan

  • Penyimpanan dan inventarisasi bahan kimia

Bahan kimia dikelompokkan menjadi bahan padat, bahan cair, asam kuat dan lainnya. Pengelompokkan tersbut harus disertai dengan inventarisasi dan data masing-masing bahan kimia dan stok serta kartu kendalinya.

  • Menyiapkan larutan dan standarisasinya

Larutan yang disiapkan dikelompokkan menjadi larutan yang tahan dalam beberapa bulan dan yang harus disiapkan setiap saat digunakan. Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu, perlu dihitung menggunakan rumus yang telah ada. Perhitungan tersebut disajikan pada bab IV. Larutan yang tidak digunakan lagi atau kadaluarsa serta sisa atau buangan larutan ditampung pada penampung dengan pengelompokan : sisa logam, asam, basa, bahan organik dan lainnya.

Perawatan Alat Gelas

  • Pengelompokan alat gelas

Alat gelas yang biasa digunakan di laboratorium kimia dikelompokkan menjadi : (1). Peralatan dasar : gelas piala, erlen-meyer, tabung reaksi, cawan, pipet, botol pereaksi dll. (2). Peralatan ukur : gelas ukur, pipet ukur, pipet volume, buret, botol BOD dll. (3). Peralatan analisis : termometer, piknometer, elektroda, dll.

  • Penggunaan alat gelas

Peralatan gelas yang telah digunakan harus dicuci dan dibersihkan. Untuk alat gelas yang terkontaminasi dipisahkan dari alat gelas yang lain, bila perlu dilakukan sanitasi. Secara periodik dalam melakukan inventarisasi alat gelas perlu pengecekan apakah ada kerusakan (pecah), sehingga bila ada kerusakan maka perlu diadakan perbaikan atau dibuang. Perlu adanya formulir peminjaman penggunaan alat gelas, sehingga ada kendali keluar masuknya alat gelas dari gudang alat gelas.

Sumber : http://www.chem-is-try.org

 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday63
mod_vvisit_counterYesterday170
mod_vvisit_counterThis week1027
mod_vvisit_counterLast week1081
mod_vvisit_counterThis month3296
mod_vvisit_counterLast month4138
mod_vvisit_counterAll days62747

We have: 5 guests online
Your IP: 54.196.62.132
 , 
Today: Oct 25, 2014